Senin, 18 Juni 2012

CITRA INDIVIDU DAN KELUARGA MENCIPTAKAN TATA NILAI DALAM MASYARAKAT


citra individu dan keluarga
Menciptakan  tata NILAI dalam masyarakat

 

 



 












NAMA            : ZULKARNAIN PRATOMO
NPM               : 17111748
KELAS           : 1KA36

Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah

citra individu dan keluarga
Menciptakan  tata NILAI dalam masyarakat

 

Kelas  :  1-KA36
Tanggal Penyerahan Makalah : 15 Juni 2012
Tanggal Upload Makalah  :  16 Juni 2012

P E R N Y A T A A N


Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.

P e n y u s u n


N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
17111748
ZULKARNAIN PRATOMO

Program Sarjana Sistem Informasi

 

UNIVERSITAS GUNADARMA





                                                          ( i )
KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatka kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya, sehingga saya dapat membuat makalah ini. Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar .
Pemerintah Indonesia saat ini sudah mulai gencar melakukan usaha agar kebudayaan kita dikenal oleh dunia luas, dan dapat diakui dunia bahwa Indonesia mempunyai banyak kebudayaan yang tersimpan, masyarakat juga harus turut membantu usaha pemerintah agar kebudayaan kita cepat diakui oleh dunia.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pembaca, dan memohon kepada pembaca bila ada kesalahan baik dalam penulisan dan pengertian, semoga Allah SWT selalu memberikan umatnya pentunjuk ke jalan yang benar, Amin.





                                                                                                            Penyusun


                                                                                                    ZULKARNAIN PRATOMO









                                                                        ( ii )

DAFTAR ISI

Pernyataan.................................................................................................. ( i )
Kata Pengantar............................................................................................( ii )
Daftar Isi.................................................................................................... ( iii )
Bab 1 Pendahuluan......................................................................................( 1 )
1.Latar Belakang..........................................................................................( 1 )
2.Tujuan........................................................................................................( 1 )
3.Sasaran......................................................................................................( 1 )
Bab 2 Permasalahan.....................................................................................( 2 )
1.Strenght...................................................................................................( 2 )
2.weakness.................................................................................................( 2 )
3.Opportunities.........................................................................................( 2 )
4.Threats......................................................................................................( 3 )
Bab 3 Kesimpulan dan Rekomendasi............................................................( 3 )
1.Kesimpulan.................................................................................................( 3 )
2.Rekomendasi...............................................................................................( 3 )
3.Refrensi.......................................................................................................( 3 )
           











                                                                                                ( iii )
BAB 1 PENDAHULUAN

1.LATAR BELAKANG
Nilai dan norma dalam kehidupan masyarakat yaitu dalam kehidupan sehari-hari manusia dalam berinteraksi dipandu oleh nilai-nilai dan dibatasi oleh norma-norma dalam kehidupan social. Norma dan nilai pada awalnya lahir tidak disengaja , karena kebutuhan manusia sebagai makluk social dan harus berinteraksi dengan yang lain menuntut adanya suatu pedoman, pedoman itu lama kelamaan norma-norma tersebut dibuat secara sadar.

Nilai-nilai sosial memiliki fungsi umum dalam masyarakat. Di antaranya nilai-nilai dapat menyumbangkan seperangkat alat untuk mengarahkan masyarakat dalam berpikir dan bertingkah laku. Selain itu, nilai sosial juga berfungsi sebagai penentu terakhir bagi manusia dalam memenuhi peranan-peranan sosial. Nilai sosial dapat memotivasi seseorang untuk mewujudkan harapan sesuai dengan peranannya. Contohnya ketika menghadapi konflik, biasanya keputusan akan diambil berdasarkan pertimbangan nilai sosial yang lebih tinggi. Nilai sosial juga berfungsi sebagai alat solidaritas di kalangan anggota kelompok masyarakat. Dengan nilai tertentu anggota kelompok akan merasa sebagai satu kesatuan. Nilai sosial juga berfungsi sebagai alat pengawas (kontrol) perilaku manusia dengan daya tekan dan daya mengikat tertentu agar orang berprilaku sesuai dengan nilai yang dianutnya.

2.TUJUAN

o   Tujuan utama pembuatan makalah ini untuk menyelesaikan tugas Ilmu Budaya Dasar
o   Untuk  penyusun sendiri dapat menjadi manusia yang mengerti tentang bermasyarakat dan dapat bermasyarakat dengan baik
o   Agar dapat menjadikan makalah ini penduan untuk dapat bersosialisai dalam bermasyarakat antar mahasiswa dan masyarakat.
o   Mampu menjaga tali silaturahmi antara individu, keluarga maupun masyarakat sehingga terbentuknya pencitraan yang baik dimata masyarakat lain.

3.SASARAN
Penulisan makalah ini ditujukan kepada seluruh individu dan keluarga agar bisa mencitrakan diri dalam masyarakat agar terciptanya tata nilai kehidupan bermasyarakat. Tata nilai tersebut merupakan hasil dari pemikiran oleh banyak individu dan keluarga, tata nilai ini nantinya akan menciptakan sebuah jalinan individu dan keluarga dalam masyarakat, serta akan menjadi ikatan persaudaraan diantara sesama anggota masyarakat.



                                                                        ( 1 )
BAB II PERMASALAHAN
Analisis permasalahan Citra Individu dan Keluarga Menciptakan Tata Nilai Dalam Masyarakat dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek :

1.      KEKUATAN (STRENGHT)
o   Rasa nasionalisme merupakan suatu emosi yang terpancar dari dalam diri     seseorang yang berusaha untuk menyatukan sebuah masyarakat.
o   Terbentuk melalui sosialisasi (proses belajar) yang dimulai dari dalam lingkungan yang terdekat yaitu keluarga, yang akhirnya dapat menciptakan suatu karakter pada seorang individu untuk bermasyarakat.
o   Pelestarian nilai-nilai budaya merupakan suatu tindakan tepat yang harus dilakukan individu untuk menciptakan citra dalam bermasyarakat.
o   Pengukuhannya dalam bentuk peraturan pemerintah dimana segala sesuatu yang telah kita lakukan dalam menciptakan citra dalam tata nilai dalam masyarakat tidak akan jauh dari batasan-batasan yang telah dibuat oleh pemerintah.

2.      KELEMAHAN (WEAKNESS)
o   Seringnya terjadi interaksi negatif antar-budaya/kelompok masyarakat tertentu,  konflik antar-suku/etnis, efek negatif globalisasi dan maraknya aksi teror dapat memudarkan jati diri budaya bangsa.
o   Keterbatasan sarana dan prasarana kesenian; menurunnya minat masyarakat dalam menonton kegiatan seni-budaya ; terjadinya pembajakan karya seni dan budaya dapat menghambat dan memudarkan potensi budaya lokal.
o   Masih maraknya kasus pencurian benda cagar budaya dan situs; serta tidak terawatnya bangunan bersejarah. Hal tersebut menunjukkan bahwa masih kurangnya apresiasi, pemahaman, komitmen, dan kesadaran tentang arti pentingnya warisan budaya dengan berbagai kandungan nilai-nilai luhurnya.

3.      PELUANG (OPPORTUNITY)
o   Adanya jasa usaha pariwisata dapat memajukan citra masyarakat dengan cara meningkatkan mutu pariwisata dalam suatu daerah.
o   Memperkokoh persatuan dan kesatuan dapat membuat citra dalam masyarakat akan semakain kuat dan solid.
o    Berkembangnya sarana dan prasarana multimedia harus dimanfaatkan untuk mensosialisasikan tentang pentingnya citra individu dan keluarga yang dapat menciptakan tata nilai dalam masyarakat.






                                                                  ( 2 )
4.      TANTANGAN/HAMBATAN (THREATS)
o   Kolektifitas masyarakat mempunyai realitas yang kuat. Sebab segala sesuatu kepentingan individu ditentukan oleh masyarakat. Masyarakat berperan mengatur secara seragam untuk kepentingan kolektif.
o   Dalam suatu budaya penting sekali untuk melakukan filterisasi sehingga pencitraan dalam gagasan budaya itu tidak disalah artikan oleh suatu masyarakat.
o   Fasilitas untuk mengembangkan jasa usaha pariwisata yang kurang memadai sehingga pencitraan dalam suatu masyarakat kurang diketahui oleh khalayak ramai.
o   Masyarakat harus melayani kepentingan individu. Individu memiliki hak yang mutlak dan tidak boleh dirampas oleh masyarakat demi kepentingan umum.


BAB 3 KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

1. Kesimpulan

Setiap individu dan keluarga memiliki citra sendiri. Keluarga sebagai salah satu  yang memiliki peran penting dalam membuat suatu individu yang baik, dan setiap individu dalam keluarga akan menciptakan citra yang membuat pandangan tata cara nilai dalam masyarakat.

2. Rekomendasi

o   Setiap individu harus berperilaku dan berperan aktif sesuai dengan kedudukannya agar dapat diterima dan diakui keberadaannya. Karena setiap organisasi pasti mempunyai aturan sendiri, maka sanksi yang diberikan oleh setiap organisasi kepada anggota yang melanggar pun berbeda pula.
o   Pengukuhan asset budaya dalam bentuk peraturan pemerintah daerah, dan pusat, maupun internasional.
o   Peningkatan sosialisasi dan apresiasi kebudayaan kepada masyarakat melalui media maupun kegiatan nyata dalam bentuk pesta budaya yang teragendakan.

3. Refrensi

                                                            ( 3 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar